Thursday, April 10, 2008

Kekuatan Terbesar Manusia

Manusia memiliki kekuatan yang luar biasa untuk menciptakan mahakarya.Kekuatan terbesar dalam diri manusia itu terdapat pada pikiran. Tetapikita jarang membuktikan kekuatan pikiran tersebut, sebab kita seringterjebak dalam zona nyaman atau kebiasaan tertentu. Sehingga selamanyatidak dapat mencari kemungkinan yang lebih baik atau perubahan nasibyang berarti. Oleh karena itu milikilah target yang lebih tinggi untuk merangsangkekuatan dalam pikiran tersebut. Sebab target atau sasaran baru yangdipikirkan itu akan menggerakkan diri kita untuk melaksanakan tindakan.Apalagi jika diyakini target tersebut bakal tercapai, maka diri kitaakan lebih siap menghadapi tantangan yang ada. Setelah tindakan-tindakan baru yang lebih konstruktif dikerjakan hinggaberulang-ulang, maka tanpa disadari kita sudah banyak melakukan hal-halpenting hinga kita tiba di zona baru, dimana kita berhasil mencapaitarget yang didambakan. Itulah mengapa dikatakan bahwa manusia mempunyaipotensi yang sangat besar dalam pikiran bawah sadar. Kekuatan pikiranbawah sadar itu dapat dibangkitkan melalui 2 cara, yaitu: autosuggestiondan visualization.
Autosuggestion Keinginan-keinginan kita merupakan informasi penting untuk pikiran bawahsadar. Sebab keinginan yang terekam kuat dalam pikiran bawah sadarsangat besar dapat menjadi daya dorong yang akan menggerakkan diri kitauntuk berbuat sesuatu yang luar biasa. Keinginan yang sangat besar danterekam dalam pikiran bawah sadar itulah yang dinamakan autosuggestion. Autosuggestion seharusnya dilakukan dengan penuh rasa percaya,melibatkan emosi dalam diri, dilakukan penuh konsentrasi terhadap obyekyang positif, dan berulang-ulang. Selanjutnya, pikiran bawah sadarinilah yang akan mendikte gerak-gerik tubuh kita. Kekuatan yangditimbulkan oleh pikiran bawah sadar itu sangat dahsyat entah digunakanuntuk melakukan perbuatan buruk atau baik. Kadangkala niat untukmelakukan sesuatu secara otomatis muncul dari pikiran bawah sadar. Autosuggestion akan mengetuk kesadaran (heartknock) . Karena dilakukanberulang-ulang dan rutin, suatu ketika kata-kata tersebut akan menembuspikiran bawah sadar. Lalu pikiran bawah sadar itupun memompa semangat.Energi itu dapat dimanfaatkan untuk mewujudkan impian hidup kita. Mungkin kegiatan autosuggestion ini akan dianggap aneh oleh orang lain.Tetapi itulah salah satu cara untuk mengubah diri dari dalam. Biasakanmendengar pola pikir positif dan melakukan kebiasaan-kebiasaan yangkonstruktif. Jadi jangan ragu untuk melakukan budaya-budaya yangpotensial, menumbuhkan optimisme dan kreatifitas. Ada 5 (P) petunjuk dalam melakukan autosuggestion, yaitu; - Positive : pada saat melakukan autosuggestion, pikirkan hal-hal yangpositif saja. - Powerful : lakukan dengan penuh keyakinan sebab dapat memberikankekuatan untuk berbuat sesuatu yang luar biasa. - Precise : keinginan yang hendak dicapai harus sudah dapatdideskripsikan, karena pikiran bawah sadar hanya bisa menyusunberdasarkan kategori. - Present Tense: dalam bentuk keinginan saat ini, bukan keinginan dimasa lalu atau akan datang. - Personal : lakukan perubahan positif terhadap diri sendiri terlebihdahulu.
Visualization Bila kita menginginkan sesuatu maka pikiran bawah sadar akanmenggambarkan apa yang didambakan itu. Dengan cara memvisualisasikanimpian terlebih dahulu, terciptalah banyak sekali karya-karyaspektakuler di dunia ini. Marcus Aurelius Antonius, seorang kaisarRomawi jaman dahulu mengatakan, “A man’s life is what his thought makeof it - Kehidupan manusia ialah bagaimana mereka memikirkannya. ” Sesuatu yang selalu divisualisasikan manusia akan mudah terekam dalampikiran bawah sadar. Lalu muncul kekuatan pikiran tersebut, yangberperan sebagai penghubung antara jiwa dengan tubuh. Sehingga tubuhpunbereaksi dengan mengerahkan seluruh potensi yang sebelumnya tidak pernahdigunakan, dalam bentuk kreatifitas atau tindakan. Memvisualisasikanimpian memungkinkan seluruh impian tercapai oleh pikiran bawah sadar. Tuhan Yang Maha Esa menganugerahkan potensi yang sama besar kepadamanusia. Tidak ada ruginya membayangkan betapa berpotensinya diri kitauntuk mencapai impian-impian. Berikut ini beberapa langkah dalammemvisualisasikan impian, yaitu:
1. Mendefinisikan impian Mendefinisikan impian artinya memberikan batasan atau standar akanimpian yang hendak dicapai. Kemudian, gambarkanlah semua impianseolah-olah Anda sudah sepatutnya meraih impian tersebut. Meskipuntindakan ini terkesan sederhana, tetapi dari gambaran impian itulah kitaakan mencoba berbuat sesuatu untuk melakukan perubahan dan akhirnyadapat meraih cita-cita.
2. Menentukan target waktu Dambakan impian itu terwujud sesuai target yang telah ditentukan, sebabimpian tanpa target waktu hanya akan menjadi mimpi sesaat. Impian dengantarget waktu akan menggerakkan kesadaran untuk tidak segan-seganmelakukan perubahan. Maka mulailah dari sekarang, Be the best, do thebest, and then let God take care the rest ?Jadilah yang terbaik, lakukanyang terbaik, biarlah Tuhan yang menentukan. Potensi yang kita milikikelihatannya sangat sayang jika tidak dioptimalkan.
3. Melakukan berulang-ulang Melakukan ulangan artinya mengkondisikan diri kita untuk lebih seringingat akan impian kita. Jika sering ingat, maka perlahan-lahan impianitu akan tertanam di alam pikiran bawah sadar. Bila pesan sudah diterimaoleh SCM (sub-conscience mind), maka dia akan menggerakkan diri kitauntuk menciptakan keputusan atau menjadikan kita lebih kreatif. Jika impian lebih sering diimajinasikan ternyata dapat melipatgandakankekuatan dari pikiran bawah sadar. Imajinasi yang diulang-ulang ini akansecara tidak langsung merangsang ilusi akan kenyataan yang luar biasatentang potensi kita sebagai umat manusia. Sehingga diri kita akanberusaha keras mencapai impian yang divisualisasikan. Begitulah seterusnya kekuatan pikiran bawah sadarbekerja dan dibangkitkan, hingga perubahan besar terjadi dalam diri kitapada suatu waktu.*
Sumber: Kekuatan Pikiran Bawah Sadar oleh Andrew Ho