Tuesday, August 26, 2008

Hening

Belakangan ini kembali aku merasakan betapa berharganya sebuah keheningan. Bayangkan saja, semenjak manusia lahir, selalu saja ada hiruk pikuk yang secara terus menerus hadir di pikiran. Hiruk pikuk itu tidak pernah pergi bahkan ketika kita tertidur atau berada sendiri sekalipun. Sebuah hiruk pikuk yang menyelubungi diri kita hingga kita berhenti mendengarkan. Dan bahkan ketika kita berhenti, kita masih tetap mendengar hiruk pikuk itu dan tidak merasakan keheningan. Hiruk pikuk bagaimana penilaian orang-2 terhadap kita, hiruk pikuk peristiwa sekitar, hingga hiruk pikuk pikiran apa yang harus kita kerjakan, bagaimana mendapatkan pengakuan dari orang lain baik dipekerjaan, lingkungan hingga keluarga, dll. Pekerjaan dan aktifitas keseharian sering menghalau keheningan yang datang untuk berbicara pada kita, tapi atas nama lelah, ingin tidur, ada deadline, keriuhan diantara teman2, keheningan itu dibungkam.
Fakta memang, setiap manusia membutuhkan dan mencari kedamaian, ketenangan. Bekerja-berprestasi jika ditelaah adalah untuk mengatasi kebutuhan itu. Namun kita sering mencarinya lewat aktifitas pikiran manusia yang tergesa-gesa dan tidak berguna. Manusia telah menjadi ahli dalam menciptakan kesenangan dan kepuasan perasaan, namun kesenangan dan kepuasan itu hanya di permukaanya saja sehingga tidak kekal atau nyata. Kita menyenangkan pikiran kita dengan mainan baru, pemandangan baru, unlimited work', kesenangan baru, aktifitas "baru", tetapi jarang sekali dari kesemuanya itu yang merupakan kedamaian nyata. Kita hanyut dalam arus lingkaran semu hidup, tanpa bisa benar-2 menikmatinya.
Karenanya, hal yang paling berharga untuk dicari adalah ketenangan dan keheningan. Dalam keheningan, kita akan diajak berbicara tentang hal-2 yang selama ini mungkin kita tolak untuk dibicarakan karena menyakitkan. Ingatlah, justru itulah yang menuntun kita kepada kedamaian hidup dan apa seharusnya yg dilakukan. Kedamaian ini tidak bergantung pada keadaan eksternal. Dalam prosesnya, berada dalam suasana hening akan memusatkan ketidakseimbangan yang ada pada kita, tentang siapa diri kita tentang apakah kita serta mengapa kita disini, menelanjangi tiap kekeliruan dalam hidup, keheningan membawa penyesalan akan kejadian lampau dimana kita mungkin telah menyakitkan perasaan orang lain, keheningan menyadarkan benarkah ditengah kesibukan kita telah mengabaikan orang-2 yg justru mendoakan dan mencintai kita dgn tulus, keheningan menghempaskan keangkuhan kita, keheningan menyadarkan kita bahwa semua yang ada pada kita termasuk kemampuan untuk hidup dan berindera adalah hanya karena TUHAN, keheningan menerima kenyataan akan sebuah kegagalan atau keberhasilan, keheningan membuka topeng dan kemunafikan, keheningan memuntahkan dusta,
Kadang-kadang kita dapat menyadari kebesaran Tuhan ketika kita diam. Hening adalah suatu ekspresi penghormatan yang tepat, karena Tuhan juga berbicara kepada kita dengan suara yang hening. Keheningan merawat dan menyalakan kerinduan kita untuk Tuhan.
luar biasa jika keheningan di hayati...
Dalam Keheningan Datanglah Pengertian - Dalam Pengertian Datanglah Kebijaksanaan - Dalam Kebijaksanaan Datanglah Perbuatan Yang Tepat.