Sunday, June 22, 2008

Tips & Trik (lagi)

Tips for selecting energy-efficient products The Jakarta Post , Jakarta
Various kinds of ""green"" products, including home appliances, are now available on the market amid an increasing awareness of using environmentally friendly products.
Green products are gaining popularity because they use less energy and thus help reduce air pollution and conserve natural resources.
Not many people, however, are well-informed about how to choose, for instance, energy-efficient refrigerators and how to use home appliances so that they do not negatively affect the environment. Below are some green tips taken from www.greenhome.com on environmentally friendly appliances and efficient methods of use.
Refrigerators - Choose the best model of a refrigerator that uses only half the energy of models that passes the Minimum Energy Performance Standard (MEPS). - Decide on the size, type and features you want; do not buy a refrigerator that is too big for your needs. If you are not keeping your fridge at least two-thirds full or your freezer at least three-quarters full, it is probably too big for your needs. - Make sure you check the energy label. Generally, the larger the refrigerator, the greater the energy consumption. - Two-door refrigerators with a top or bottom freezer are generally more efficient than side-by-side models -- check the stars and energy consumption rate. - Manual defrost models tend to use less energy than frost-free, or automatic defrost, models, but must be defrosted periodically to remain energy-efficient. However, the best frost-free models are now as good as manual defrost models -- check the energy label!
Washing machines/dryers - Avoid using energy-hungry dryers. Old-fashioned clotheslines utilizing sun and wind still produce the freshest smelling clothes, without the need for perfumes to simulate the experience. - The laundry room should be separated from living spaces and supplied with both an exhaust fan and an intake for fresh air, as laundry products can be extraordinarily toxic. Heat and moisture from laundry can breed harmful molds, if not properly vented.
Dishwashers - Look for energy/water consumption specifications before choosing. Many cheap domestic machines use too much water and too much electricity and make too much noise while spewing toxic perfumes and chemical odors from detergents and drying agents indoors. - Residues from perfumes, phosphates and surfactants contribute to the overload in sewage treatment facilities and contamination of groundwater. A better job can sometimes be done hand-washing in a double basin using safe soap. - Some commercial dish washing machines are capable of doing a better job in a shorter time with less water and energy.
Komputer “Jangkrik” Kualitas Branded
Pada intinya, komputer branded itu sama saja seperti komputer jangkrik. Komponennya banyak yang diambil dari supplier komponen komputer umum juga. Malah dalam beberapa kasus, saya pernah menemukan komponen komputer branded yang kualitasnya jelek.
Kuncinya adalah pada komponen-komponennya. Kalau kita bisa memilih perangkat-perangkat yang berkualitas, maka komputer “jangkrik” kita akan menjadi jauh lebih bagus daripada komputer branded yang harganya lebih mahal!
Beberapa perangkat yang perlu kita perhatikan pada komputer jangkrik standar:
Power supply: Ini biang kerok #1 penyebab jeleknya reputasi komputer jangkrik. Bayangkan, komputer baru Anda, fully customized dengan prosesor terbaru, memory berlimpah ruah, hard disk dengan kapasitas terbesar, card 3D paling cepat — namun, power supply nya seharga Rp 50.000. Mabok gak sih? :)
Komputer dengan power supply kacangan begini biasanya jarang berumur lebih dari satu tahun. Power supplynya biasanya adalah yang pertama kali rusak, namun karena kita tidak tahu, maka dia terus men supply daya dalam jumlah yang keliru/kualitas yang buruk ke komputer kita. Yang kemudian kita ketahui adalah kok memory kita rusak? Hard disk jebol? prosesor hangus? “Dasar komputer jangkrik!”, mungkin itu serapah kita.Sedangkan biang keroknya justru selamat dari kekesalan kita, dan terus saja merusak komponen-komponen komputer kita.
Setiap kali saya membeli komputer jangkrik, yang pertama kali saya ganti adalah power supply nya. Saya pribadi bisa merekomendasikan merk Cooler Master, karena harganya yang terjangkau dan kualitasnya prima. Tapi ini memang agak sulit untuk ditemukan, sebagai gantinya bisa juga Enlight atau merk lainnya.
Kipas : Komputer zaman sekarang cenderung menghasilkan panas dalam jumlah besar, dan pada komputer “jangkrik”, biasanya hanya menggunakan kipas-kipas pendingan seharga Rp 10.000. Yay :) Ganti segera kipas-kipas tersebut dengan yang lebih berkualitas. Pastikan bahwa kipas pengganti tersebut ada sensornya, sehingga kalau rusak bisa segera kita ketahui dari software pendeteksi sensor tersebut. Tambahkan kipas pendingin untuk hard disk — temperatur yang lebih dingin akan membantu memperpanjang umur hard disk Anda. Juga, pastikan bahwa kita bisa mendeteksi kipas di power supply — seringkali rusaknya power supply adalah karena kipas pendinginnya yang sudah almarhum.
Motherboard: penggunaan motherboard berkualitas baik dapat membuat Anda menikmati komputer Anda sampai lebih dari 5 tahun tanpa masalah. Ada 2 faktor yang yang perlu dipertimbangkan; ruang untuk upgrade (berapa banyak slot perangkat keras & slot memory yang ada ?), dan kualitas motherboard itu sendiri (jumlah layer motherboard? proses engineeringnya? kualitas komponen2nya?) namun yang terakhir ini agak sulit diketahui, kecuali dari berbagai forum hardware di internet.
Hard disk: Pilih yang paling dingin, paling cepat, dan paling besar kapasitasnya. Mudah ya? He he. Selain itu, saya pribadi juga sering membeli kipas pendingin hard disk — menyedot udara luar ke dalam, sekaligus lebih mendinginkan lagi hard disk komputer kita.
Casing : Pilih yang bagus. Lho ya betul tho, kebanyakan orang memang tidak paham isi “jerohan” komputer Anda. Casing yang bagus akan membantu membentuk persepsi bahwa “wah komputer Anda tidak kalah dengan komputer branded lho!”. Istilahnya para filosofer - “cantik luar dalam” :) Dan casing yang bagus sekarang ini tidak selalu mahal harganya. Kalau perlu, berburu casing dulu, baru kemudian membeli komponen-komponen komputer lainnya. Keyboard & Mouse: Demi kenyamanan Anda sendiri, jangan pakai yang murahan ! Kalau Anda tidak minta, maka penjual komputer akan memberikan keybaord kacangan seharga Rp 25.000 & mouse “cemen” seharga Rp 10.000. Sayangi tangan Anda. Saya selalu berusaha mencari keyboard merk IBM. Kualitas dijamin nomor wahid. Tapi ini sulit untuk ditemukan. Alternatifnya, merk Microsoft atau Logitech juga cukup baik. Harganya pun juga sudah jauh lebih murah dibandingkan beberapa tahun yang lalu.
Saya kira inilah berbagai faktor yang sebenarnya membedakan komputer branded dengan kebanyakan komputer “jangkrik”. Jika Anda memperhatikan hal-hal ini ketika membeli komputer, maka komputer jangkrik Anda bisa menjadi jauh lebih bagus daripada komputer branded; tanpa membobol dompet Anda. Selamat berbelanja!
Sumber : harry Cetak Gambar Latar E-Mail Anda ingin mencetak e-mail yang punya latar belakang berupa gambar atau foto? Gampang, Pengubahan setelannya bisa dilakukan dari Internet Explorer.
Klik menu Tools, pilih Internet Options, dan klik tab Advanced.
Temui bagian Printing dan klik tanda cek pada “Print background images and colors”. Klik OK. Anda bisa kembali ke Outlook Express untuk mencetak e-mail.
Sumber : boedi putra